Pages

galih blog's On Rabu, 17 Juni 2009








LONDON - Dalam bayangan kita, sebuah ensiklopedia akan berwujud buku berisi berbagai ilmu pengetahuan yang sangat lengkap dan tebal.

Lalu apa jadinya jika ensiklopedi online seperti Wikipedia kembali ke bentuk konvensional sebuah buku?. Hasilnya adalah sebuah buku berisi 5.000 halaman dengan ketebalan satu kaki 7 inci. Wikipedia versi buku ini dibuat oleh Rob Matthews. Buku ini berisi 437 artikel feature dari sumber internet terpopuler.

Lalu apa yang melatar belakangi Rob membuat Wikipedia menjadi ke bentuk konvensional di tengah-tengah maraknya orang-orang lebih memilih internet sebagai sumber informasi.

"Saya ingin tahu melihat perkembangan saat ini dimana orang-orang tengah gandrung akan internet namun tetap membutuhkan informasi dalam bentuk cetak. Menurut saya peran buku ensiklopedia tetap tak tergantikan," kata Rob seperti yang dikutip dari Telegraph, Rabu (17/6/2009).

Mahasiswa Desain Grafis dari Brighton, Sussex, ini mengungkapkan alasannya bahwa dia ingin membandingkan kepopuleran Wikipedia versi internet dengan versi konvensional dengan menaruhnya dalam format yang berbeda.

Berbeda dengan versi online yang bisa diedit dan ditambahkan oleh siapapun yang mengakses situsnya, tidak demikian halnya dengan Wikipedia yang sudah dibukukan.

0 komentar:

Posting Komentar