Pages

galih blog's On Rabu, 17 Juni 2009


JAKARTA - Penyebaran berbagai virus flu yang berasal dari hewan akhir-akhir ini kian sering terjadi. Setelah flu burung dan flu babi, ternyata ada pula virus influenza yang menyebabkan flu kuda atau biasa juga disebut dengan equine influenza.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (11/5/2009) sama seperti jenis flu burung dan babi, flu kuda pun disebabkan oleh penyebaran virus Influenza A. Sesuai dengan namanya, tentu saja penyebaran virus ini menjadi endemik spesies kuda.

Dua jenis virus yang memiliki peran utama dalam penyebaran virus flu kuda adalah equine-1 (H7N7) yang menyerang otot hati serta dan equine-2 (H3N8) yang lebih ganas menyerang sistem tubuh.

Penyakit ini bisa menginfeksi hampir 100 persen populasi kuda yang belum divaksinasi dan belum pernah terkena virus ini sebelumnya.

Penyebaran virus flu kuda pertama kali terjadi pada 1956. Sebelum ramai penyebaran flu kuda di India, pada 2007 silam kuda-kuda di Australia pun pernah terjangkit virus ini. Di Indonesia sendiri, pernah dilakukan karantina kuda untuk mengantisipasi penyebaran flu kuda pada 2007.

Sampai sekarang memang belum ditemukan penyebaran flu kuda ke hewan lain atau manusia. Penyakit ini utamanya menyebar di antara sekumpulan kuda melalui kotoran, urin dan pupuk.

Masa inkubasi flu kuda terhitung singkat yaitu selama satu hingga lima hari. Kuda yang terinfeksi flu ini akan terserang demam, batuk kering, hidung berair dan terlihat depresi dan kehilangan nafsu makan.

0 komentar:

Posting Komentar