Pages

galih blog's On Rabu, 17 Juni 2009


CAPE CANAVERAL - Keinginan para awak Endeavour untuk meluncur di bulan ini pupus sudah. Endeavour yang kemarin diberitakan tengah bersiap untuk peluncuran, nyatanya harus menunda lagi penerbangannya hingga akhir Juli mendatang.

Kesabaran dan optimisme komandan misi penerbangan Mark Polansky rupanya masih harus diuji. Kemarin, Polansky sempat mengatakan bahwa Endeavour akan memiliki waktu yang tepat untuk meluncur.

Sementara itu, Deputi Program Manager Pesawat Luar Angkasa Leroy Cain, mengatakan hal yang hampir senada.

"Mau tidak mau kita memang harus kembali ke persiapan awal untuk mencari tahu kerusakan yang terjadi dan memperbaikinya. Setelah semuanya beres, pada waktunya nanti kita akan siap melakukan misi penerbangan yang aman," kata Cain.

Penundaan peluncuran untuk yang ketiga kalinya ini bukan lagi karena dihadang cuaca buruk, melainkan disebabkan oleh kebocoran tangki gas hidrogen yang berpotensi membahayakan misi peluncuran.

Yahoo Tech News, Kamis (18/6/2009) melansir, selama pengisian bahan bakar kemarin, para awak misi peluncuran sempat menunggu hingga hampir satu jam lamanya untuk memantau kebocoran tangki hidrogen.

Mereka berupaya memperbaiki kerusakan tersebut dengan perintah dari jarak jauh sebelum misi peluncuran dilakukan dini hari. Namun rupanya usaha itu gagal. Mau tidak mau, para awak harus bersabar hingga Endeavour benar-benar siap untuk diterbangkan.

Setelah diselidiki, rupanya kebocoran terjadi pada tempat yang sama dengan kebocoran pada Sabtu pekan lalu. Kerusakan terjadi akibat jalur masuk hidrogen tersangkut pada tangki bahan bakar eksternal.

0 komentar:

Posting Komentar