Pages

galih blog's On Kamis, 18 Juni 2009


NEW YORK - Kepopuleran Nintendo Wii sebagai perangkat game mutakhir semakin bertambah setelah dokter dan ilmuwan mengembangkan dan memanfaatkannya sebagai perangkat simulasi operasi bedah.

Alat penggerak berbasis motion-sensitive wireless merupakan kunci utama yang membuat Wii bisa menjadi perangkat dalam membantu dokter melakukan simulasi operasi pembedahan.

Penggerak yang disebut dengan Wii Remote atau Wiimote pada Wii memungkinkan pemain mengontrol aksi permainan pada layar dengan gerakan tubuh.

Misalnya, dengan Wiimote pemain bisa memukul bola baseball seperti dalam permainan sesungguhnya. Karakter yang terlihat pada layar akan mengikuti gerak gerik yang dilakukan oleh pemain. Demikian keterangan yang dikutip dari Live Science, Kamis (18/6/2009).

Teknologi ini dimanfaatkan para dokter dalam latihan operasi bedah. Dengan perangkat ini para dokter terlatih dalam meningkatkan keterampilan motorik dan kinerja pada saat melakukan operasi bedah.

"Banyak perangkat simulator operasi pembedahan di luar sana, namun harganya masih sangat mahal. Dengan memanfaatkan Wii, kami memiliki platform yang terjangkau dan mudah digunakan sebagai perangkat simulator pembedahan," kata Mark Smit, salah satu ilmuwan yang menguji coba Wii sebagai simulator pembedahan.

Delapan orang dokter diminta untuk memainkan Wii sebelum melakukan simulasi pembedahan laparoscopic sebagai pemanasan awal. Kemudian mereka memainkan perangkat simulasi pembedahan pada tubuh pasien seperti melakukan operasi sungguhan.

Hasilnya, para dokter itu memiliki kinerja dan keterampilan operasi 48 persen lebih baik dibandingkan dengan latihan tanpa menggunakan Wii.

0 komentar:

Posting Komentar