Pages

galih blog's On Rabu, 17 Juni 2009


SAN FRANCISCO - Opera menelurkan sistem browser baru yang bisa menyatukan pengguna Windows, Mac, dan Linux. Pasalnya Opera mengubah browser komputer Anda menjadi Web server. Penemunya berharap sistem browser opera terbaru ini akan memperbaharui dunia web.

Opera mengatakan, browser baru ini akan mengubah segalanya. Namun masih banyak orang yang bingung, apa yang dimaksud dengan menyatukan browser sebagai web server?

"Aplikasi Opera Unite ini masih dalam bentuk demo sederhana yang meniru layanan dan fungsionalitas online yang telah ada sebelumnya. Aplikasi ini bekerja dalam konteks Opera Unite," kata Lawrence Eng, Product Analyst Opera.

Aplikasi browser ini masih dalam format beta. Opera berjanji browser ini akan menawarkan pengalaman yang lebih bagi para pengguna browser. Demikian keterangan yang dikutip dari CNet.com, Rabu (17/6/2009).

Opera Unite memiliki tambahan tab pada sidebar widget Opera. Selain itu terdapat enam aplikasi menarik yang berfungsi sebagai media sharing konten yang Anda miliki. Enam aplikasi itu terdiri dari File Sharing, Fridge, Media Player, Photo Sharing, The Lounge, dan Web server. Berikut adalah sedikit penjelasan fitur-fitur menarik beberapa aplikasi.

Fridge berfungsi sebagai note-sharing seperti pada Wall Facebook, namun bedanya Fridge tidak melibatkan interaksi. Sekali Anda membagi URL Fridge, pengguna lain bisa menulis pesan singkat dan mempostingnya pada "Fridge door".

Lounge merupakan ruang mengobrol interaktif seperti chat room yang Anda hosting pada komputer. Anda bisa menentukan orang-orang dalam chat room dengan membagi URL.


Yang terakhir dan paling menarik adalah Web server. Anda bisa meng-host halaman web dari desktop tanpa perlu khawatir dikenakan bayaran. Fitur ini diprediksi akan menjadi pembaharuan dalam Web hosting, dimana Anda hanya perlu membayar ISP.

0 komentar:

Posting Komentar